Jelang PPDB, Disdikbud Kutim Sosialisasikan ke Kepsek, Operator PPDB dan Korwil Jenjang SMP se Kutim

oleh

SANGATTA- Jelang bergulirnya Penerimanaan Peserta Didik Barui (PPDB) tahun ajaran 2024-2025. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim menggelar Sosialisasi kepada seluruh Kepala Sekolah, operator PPDB serta Koordinator Wilayah jenjang SMP se Kabupaten yang berlangsung di Teras Belad Café, Sangatta Selatan, Jumat (07/06/2024).

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 6-8 Juni ini, di buka secara langsung oleh Kepala Disdikbud Kutim, Mulyono. Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang SMP Ilham serta narasumber perwakilan dari PT Telkomsel cabang Bontang dan Sangatta.

Mulyono pada kesempatan itu mengatakan, meskipun tahun ini, Kabupaten Kutim belum bisa melaksanakan PPDB online secara menyeluruh di setiap satuan pendidikan, namun secara bertahap proses penerimaan siswa baru secara online bisa segera di laksanakan.

Mengingat, tahun ini pemerintah daerah mengeluarkan trobosan bagi dunia pendidikan, yakni penyediaan internet di seluruh satuan pendidikan yang ada di Kutim. untuk tahap perencanaan awal, dirinya menargetkan awal Juni program tersebut sudah bisa rampung.

“Saya targetkan sampai akhir Juni ini seluruh sekolah sudah rampung di data oleh tim konsultan, setelah itu, hasilnya akan kita presentasikan kepada seluruh pihak terkait, agar nantinya program ini bisa terlaksana dan bermanfaat, dan saya targetkan tahun depan seluruh sekolah sudah bisa melaksanakan PPDB online,” ujarnya.

Selain itu, trobosan internet bagi seluruh satuan pendidikan itu tidak hanya sebatas slogan semata, namun, dalam pelaksanaanya, nantinya, Disdikbud tidak hanya akan membangun infrastruktur internet yang baik, namun juga akan memberikan kemudahan terutama biaya internet yang terjangkau bagi setiap sekolahan.

“Nah untuk tahap awal, kami akan gratiskan biaya internet selama 6 bulan, setelahnya sekolah yang bayar, tapi saya usahakan, pebiayanya tidak lebih dari Rp 1 juta perbulan, dan saya yakin sekolah masih sanggup,” ucap Mulyono

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Disdikbud Kutim Ilham mengatakan, proses PPDB merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan, sehingga setiap sekolah sudah memahami hal-hal yang berkaitan dengan proses PPDB.

‘Jadi kegiatan ini bertujuan untuk merefresh kembali, termasuk bagaimana melakukan intervensi positif agar dalam proses PPDB bisa berjalan dengan baik dan mendekati kata ideal sesuai dengan Juknis yang di kelaurakan oleh Kementrian Pendidikan Riset dan Tekhnolgi,” ucap Ilham. (Adv/g-s08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *