Pemkab Kutim Juara I Stand Terbaik Pada Indonesia Tourism & Trade Investment Expo 2024

oleh

YOGYAKARTA – Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berhasil meraih juara I dalam kategori stand terbaik di Indonesia Tourism & Trade Investment Expo 2024 yang digelar di Jogja City Mall Yogyakarta pada 25 April hingga 28 April 2024.

Pada ajang pameran nasional ini, DPMPTSP Kutim menampilkan berbagai potensi produk UMKM Kutim, karya batik Kutim dan informasi potensi wisata serta potensi Kawasan Ekonomi Khusus MBTK Maloy.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh General Manajer PT Furindo Artha Mas, Mulyanto selaku penyelenggara kepada perwakilan DPMPTSP Kutim Erni khumaidah, analis kebijakan ahli muda mewakili Kepala Dinas Darsafani.

Atas raihan penghargaan tersebut, Kepala DPMPTSP Kutim Darsafani saat dihubungi via WhatsApp, minggu (28/4/2024) pagi, merasa bersyukur atas ditetapkannya Pemkab Kutim menjadi stand terbaik di ajang ini.

Kepala DPMPTSP Kutim Darsafani

Dirinya menyebut kegiatan Pameran Indonesia Tourism & Trade Investment Expo tahun 2024 yang diikuti DPMPTSP ini sangat bermanfaat bagi daerah. Karena melalui kegiatan Pameran ini dapat mempromosikan potensi yang ada di daerah untuk menarik investor datang ke Kutim.

“Kita (Kutim) terus menggali potensi daerah yang dapat dikembangkan untuk ditawarkan kepada investor,” kata ia.

Dirinya menambahkan berbagai upaya terus dilakukan agar bisa menggaet investor untuk menanamkan modalnya di Kutim, diantaranya dengan memberikan informasi yang cukup kepada investor yang berminat.

“Inilah kenapa kita gencar melakukan serangkaian promosi daerah melalui event-event semacam ini, saya juga berencana akan melakukan bisnis matching dengan mengundang langsung investor sehingga mereka bisa melihat langsung potensi-potensi yang ada di Kutim dan bisa bertransaksi langsung dengan pelaku usaha,” tuturnya.

Terakhir Darsafani mengatakan, Bupati berharap adanya peningkatan investasi diberbagai sektor di kutim, baik dilokasi yang telah disiapkan oleh Pemkab Kutim seperti di KEK MBTK Maloy.

“Mudahan hal ini dapat dilirik investor yang ada di Kutim maupun diluar Kutim,” pungkasnya.

Saat di temui usah pengumuman pemenang, General Manajer PT Furindo Artha Mas, Mulyanto menyebut stand Pemkab Kutim layak meraih juara I sebagai stand terbaik pada pameran ini.

“Stand sangat bagus dan rapi, materi yang ditampilkan sesuai dengan tema yang diusung dengan mengangkat potensi-potensi daerah di Kutai Timur,” tuturnya.

Dirinya menambahkan Indonesia Tourism & Trade Investment Expo merupakan event yang berkelanjutan dan tiap tahun dilaksanakan di berbagai kota.

Secara lengkap dirinya mengatakan pemenang pada pameran ini adalah Kategori Stand Terbaik Juara I Pemkan Kutai Timur melalui DPMPTSP, Juara II Dinas Pariwisata Kabupaten Badung dan Juara III dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong.

“Sementara itu stand terbaik Bidang Informasi Investasi di raih DPMPTSP Provinsi Kalimantan Selatan dan stand terfavorit diraih Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan,” tutupnya. (ADV/G-S02)