Kominfo Kutim Gunakan Firewall Untuk Jaringan Keamanan

oleh

SANGATTA- Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informatikan Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper) Kutim Sulisman menyebut, saat ini seluruh komponen termasuk Diskominfo di seluruh Kalimantan Timur (Kaltim) mensukseskan transformasi digital dalam upaya memberikan layanan secara maksimal kepada masyarakat di seluruh aspek sebagai bagian dari pembangunan untuk akselerasi birokrasi.

“Nah kemarin waktu saya mengikuti kegiatan di Balikpapan dengan Diskominfo Kaltim yang juga di hadiri oleh perwakilan dari 10 Kabupaten/kota, narasumber memaparkan akan ada audit Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK ) yang meliputi infrastruktur, aplikasi dan audit keamanan, dan ketiganya berhubungan erat dengan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” ujarnya Kamis (25/04/2024).

Berkaitan dengan keamanan, Sulisman menyebut, selain mengoptimalkan jaringan Firewall yang ada, dalam waktu dekat, seluruh daerah juga diminta untuk menggunakan sistem keamanan yang di siapkan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Siap tidak siap, seluruh daerah di Indonesia harus menerapkan sistem tersebut, makanya kemarin kita di berikan sosialisasi, agar kedepan saat program tersebut berjalan kita tinggal aplikasikan di lapangan,” imbuhnya.

Saat di singgung kesiapan Kutim terkait penerapan sistem keamanaan tersebut, pria kelahiran 1970 ini, menyebut, sesuai amanah undang-undang, Pemkab Kutim mengaku siap untuk mengimplementasikan program pemerintah nasional tersebut. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan keamanaan firewall di seluruh aplikasi yang di miliki oleh setiap Perangkat Daerah (PD).

“Jadi seluruh aplikasi sudah tersambung dengan bandwit milik kita (Diskominfo Staper),” pungkasnya. (ADV/G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *