Kominfo Kutim Gelar Self Asesment, Upaya Tingkatkan Indeks SPBE

oleh

SANGATTA – Bertempat di Ruang Virtual Diskominfo Perstik Kutai Timur (Kutim), selasa (5/7/2022) digelar rangkaian lanjutan untuk meningkatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kutim yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB.

“Setelah beberapa waktu yang lalu kita menyelesaikan pertanyaan dari penilaian terkait rencana induk SPBE, dimana rencana induk tersebut terdiri dari arsitektur dan peta rencana, Alhamdulillah telah kita selesaikan,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan, saat ini lagi dilakukan tahap self asesment terhadap beberapa pertanyaan atau penilaian oleh Kemenpan RB.

Selanjutnya Eri mengatakan, yang hadir di Diskominfo Perstik pada pada hari (5/7/2022) ini termasuk tim inti untuk SPBE yang terdiri dari Inspektorat, BKPP, BPKAD, Bapenda, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Targetnya, kita akan menyelesaikan self asesment ini dalam minggu ini, setelah itu kita akan melakukan review sebelum submit ke Kemenpan RB,” beber Ery.

Menurutnya, hal ini penting untuk dijadikan perhatian semua karena indeks SPBE Kutim tergolong masih kurang, oleh karena itu hal ini menjadi tantangan tersendiri buat Pemkab Kutim melalui Perangkat Daerah agar bisa meningkatkan indeks SPBE.

“Sesuai target Pak Bupati, paling tidak kita (Kutim) masuk dalam kategori baik, artinya ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya,” tutur Ery.

Perlu diketahui dalam penerapan SPBE terdiri dari tata kelola SPBE dan manajemen SPBE. Untuk tata kelola SPBE kerangka kerja yang memastikan terlaksananya penerapan SPBE secara terpadu terdiri dari Rencana Induk dan Arsitektur SPBE, Rencana Anggaran, Proses Bisnis, Data dan Informasi, Infrastruktur SPBE, Aplikasi SPBE, Keamanan SPBE dan Layanan SPBE.

Sementara itu untuk manajemen SPBE melaksanakan pengelolaan unsur-unsur SPBE secara efisien, efektif, dan berkesinambungan, yang terdiri dari Manajemen Risiko, Manajemen Keamanan Informasi, Manajemen Data, Manajemen Aset TIK, Manajemen Layanan, Manajemen Pengetahuan, Manajemen Perubahan, Manajemen SDM, dan Audit TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). (G-S02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *