Tingkatkan Teknik dan Metode Mendongeng Para Guru, Kasmidi Ingin Workshop Mendongeng di Laksanakan di Kecamatan

oleh

SANGATTA – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kutai Timur (Kutim) bersama Kampung Dongeng Etam Sangatta menggelar Workshop Dongeng 1000 Guru dan Orang Tua di Ruang Akasia Gedung Serba Guna Bukit Pelangi Bukit Pelangi, Sabtu (2/7/2022).

Dalam kegiatan ini yang menjadi nara sumber adalah Awan Prakoso dari Kampung Dongeng Jakarta. Acara ini turut dihadiri Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Ketua GOW Tirah Satriani Bahar, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Suriansyah, Plt Dinas Pendidikan Irma Yuwanda, Ketua Kampung Dongeng Etam Sangatta Mardiah Dewi Prosarine dan 600 guru se Kutim.

Dalam laporannya Ketua Panitia Mardiah Dewi Prosarine yang juga Ketua Kampung Dongen Etam Sangatta menyampaikan kegiatan Workshop Dongeng 1000 Guru dan Orang Tua ini merupakan rangkaian dari Festival Literasi Kutim tahun 2022. Dirinya menyebut kegiatan ini bentuk kepedulian Kampung Dongeng Etam Sangatta terhadap perkembangan literasi di Kutim.

Tak lupa dirinya mengucapkan terima kasih kepada Ketua GOW Tirah Satriani Bahar yang mensupport kegiatan ini sehingga dapat terlaksana serta PT KPC yang turut mendukung dan sponsor-sponsor lainnya.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat, baik sebagai guru maupun orang tua agar kita semua bisa membangun budaya literasi dan menjadi pendidik yang berkreasi,” ujar Mardiah.

Sementara itu Wabup Kasmidi Bulang menyampaikan kegiatan ini sangat positif dan berharap setelah mengikuti workshop ini para guru akan termotivasi, sehingga ketika bercerita dongeng kepada murid-muridnya bisa membawakan materi kekinian.

“Disini para guru akan mendapatkan pengetahuan bagaimana memanajemen, teknik dan metode dalam bercerita sehingga dongeng akan enak didengar,” ujar Kasmidi.

Wabup Kasmidi juga meminta kepada Dinas Pendidikan serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kutim bisa melaksanakan kegiatan seperti ini tidak hanya di Sangatta, namun dilaksanakan juga di Kecamatan-kecamatan.

“Sehingga diharapkan animo para guru dan orang tua semakin meningkat dan bisa mengetahui bagaimana cara berdongeng yang baik dan apa saja yang harus dilakukan,” pungkas Kasmidi.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kutim dengan Kampung Dongeng Etam Sangatta, penyerahan sertifikat Workshop Dongeng 1000 Guru dan Orang Tua kepada perwakilan Kecamatan serta pengumuman dan pemberian hadiah kepada juara Video Mendongeng kategori Dewasa.

Wabup Kasmidi Bulang menyerahkan Piala kepada Aive E Dg Pakerrai peraih Juara I Video Mendongeng

Untuk Juara I Video Mendongeng diraih Aive E Dg Pakerrai dari Universitas Mulawarman (Unmul), Juara II Wulandari Persiani dari Teluk Lingga, Juara III Heni Triyanti dari SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara, Harapan I Misnawati dari YPPSB Sangatta Utara, Harapan II Muryani dari Ra-Piq sangatta Utara dan Juara Favorit diraih Siti Arbiatun Munawarah dari MIN 1 Kutai Timur. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *