Kembangkan Ekonomi Kerakyatan, Local Market Digelar di Halaman Kantor Bupati Kutim

oleh

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus berupaya meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan mengembangkan industri kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kutim, setelah beberapa waktu yang lalu digelar Bazar Fair, kini digelar kegiatan serupa berupa Local Market yang berkolaborasi dengan UMKM Bangkit melalui Dispora Kutim.

Local market yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 30 Juni hingga 2 Juli 2022 ini dibuka langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, jumat (30/6/2022) malam di Halaman alun-alun (Helipad) Kantor Bupati Kutim yang ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam acara pembukaan, turut hadir Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Sekda Rizal Hadi, Kadis Pariwisata H Nurullah, Ketua GOW Hj Satriani Kasmidi Bulang, Kepala BPJS Kutim Herman Prayudi dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Kutim Ardiansyah menyampaikan disejumlah negara eropa telah terjadi krisis pangan global, oleh karena itu salah satu cara pemerintah Indonesia untuk tidak masuk dalam krisis tersebut dengan menumbuhkembangkan UMKM ditengah masyarakat.

“Langkah tersebut dimulai dengan menyiapkan UMKM, Home Industry, Bumdes, Koperasi dan pedagang kali lima, semuanya diberikan peran. Apa saja yang bisa kita lakukan, akan kita lakukan untuk memberikan ruang kepada masyarakat. Mari bersama-sama kita bangkit dan bangun kembali ekonomi kerakyatan kita,” ajak Ardiansyah.

Dirinya berharap dengan bangkitnya ekonomi kerakyatan, masyarakat akan mampu bertahan dengan berbagai goncangan-goncangan yang ada di belahan dunia.

Tak lupa Bupati Ardiansyah mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan Local Market oleh Wabup Kasmidi Bulang selaku Pembina Local Market. Dirinya berharap komunitas ini terus berkembang dan makin menjamur UMKM dan Industri Kreatif Kutim, tidak hanya di Sangatta namun juga di wilayah lainnya.

“Ajak mereka yang bergerak dibidang produksi, jasa dan lainnya, karena saat ini eranya untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan, semoga terus berkembang dan terus meningkatkan ekonomi kerakyatannya,” pesan orang nomor satu Kutim ini.

Panitia Pelaksana Local Market, Rendi Jaya Syahputra.

Sebelumnya Panitia Pelaksana Local Market, Rendi Jaya Syahputra mengatakan kegiatan ini merupakan komunitas yang benar-benar dari lokal (Sangatta) untuk sama-sama bergerak secara positif dengan melakukan kegiatan kewirausahaan dalam upaya membangkitkan UMKM di Kutim.

Dirinya menyampaikan pelaksanaan Local Market ini terlaksana atas aspirasi dari Anggota DPRD Kutim Asti Mazar yang disalurkan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutim. Tak lupa Rendi mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kutim atas dukungannya dengan memberikan ruang dalam mengembangkan kreatifitas, keahlian bidang usaha para pelaku ekonomi lokal.

“Insyaallah Local Market ini akan diagendakan setiap tahun,” pungkas Rendi.

Bupati Ardiansyah
Sulaiman, Wabup Kasmidi Bulang dan Ketua DPRD Kutim Joni, saat mengunjungi stand peserta Local Market, Jumat (30/6/2022) malam.

Usai acara pembukaan, Bupati Ardiansyah Sulaiman, didampingi Wabup Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni dan lainnya, mengunjungi stand-stand para pelaku usaha di Local Market ini. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *