Workshop Self Assessment SP4N LAPOR, Bupati Minta Laporan Pengaduan Ditindaklanjuti Secara Cepat, Tepat Sesuai Prosedur

oleh

SANGATTA – Dinas Komunikasi dan Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) didukung oleh USAID Sustainable Environmental Governance Across Region (SEGAR) menggelar Sosialisasi dan workshop self assessment SP4N LAPOR, Selasa (28/6/2022) di Hotel Royal Victoria Sangatta.

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kasmidi Bulang, Plt Asisten Pemerintahan Umum dan Kesra Yuriansyah, Kadis Kominfo Provinsi Kaltim M Faisal, Kadis Kominfo Perstik Kutim Ery Mulyadi, Kepala dan Perwakilan Perangkat Daerah dan Camat se Kutim serta dari USAID SEGAR.

Sementara yang mengikuti secara virtual Asisten Deputi Sistem Informasi Pelayanan Publik Kemenpan RB RI dan Kepala Keasistenan Pengembangan Jaringan dan Layanan pengaduan Masyarakat, Ombusdman RI.

Dalam sambutannya Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan penyusunan Rencana Aksi SP4N LAPOR! yang akan dilaksanakan ini, diharapkan mengakomodir kebutuhan program dan kegiatan terkait dengan penguatan kelembagaan pengelola SP4N LAPOR termasuk peningkatan kapasitas pengelola SP4N LAPOR baik sumberdaya manusia, insfrastruktur dan pendanaan.

“Selain itu, pemanfaatan dan optimalisasi data pengaduan sebagai landasan pengambilan keputusan ditingkat Daerah, salah satu aspek pembangunan yang perlu diperhatikan di sektor Lingkungan dan sumberdaya alam,” ujarnya

Bupati menambahkan, perlu penguatan sistem dan integrasi aplikasi-aplikasi yang telah ada sebelum SP4N LAPOR dalam pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi SP4N LAPOR.

“Saya berharap seluruh peserta sosialisasi dapat menyerap materi secara maksimal sehingga mampu berkontribusi dalam penyusunan Rencana Aksi SP4N LAPOR 2022-2024,” kata ia

Terakhir dirinya mengatakan, target kedepan untuk Perangkat Daerah diwajibkan dapat menyelesaikan setiap laporan dan pengaduan secara cepat, tepat dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

“Semoga kegiatan hari ini berjalan lancar dan sukses, sehingga menghasilkan aksi yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka Menata Kutai Timur Sejahtera Untuk Semua,” pungkas Ardiansyah.

Sebelumnya Sekretaris Diskominfo Perstik, Ronny Bonar Siburian mewakili Kadis Ery Mulyadi menyampaikan dalam laporannya, bahwa kegiatan Sosialisasi dan workshop self assessment SP4N LAPOR ini dibantu secara penuh oleh USAID SEGAR, dengan diikuti oleh 39 Perangkat Daerah dan 18 Kecamatan selaku narahubung SP4N LAPOR Kutim.

Sekretaris Diskominfo Perstik, Ronny Bonar Siburian.

Dirinya mengatakan kegiatan ini untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh Perangkat Daerah di Kutim terkait urgensi penyusunan Rencana Aksi SP4N LAPOR sebagai implementasi dari Road Map SP4N LAPOR Nasional tahun 2020-2024.

“Diharapkan seluruh Perangkat Daerah dapat menyamakan persepsi dalam penyusunan Renaksi SP4N LAPOR Kabupaten Kutai Timur 2020-2024 sehingga dapat meningkatkan pelayanan pengaduan melalui SP4N LAPOR! Dan penyelesain aduan yang masuk pada Pemkan Kutim dapat diselesaikan cepat, tepat waktu dan terpercaya,” ujarnya. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *