Berbagi Jamaah Jumat Sangatta, Komunitas Ibu-ibu Rumah Tangga Berbagi Untuk Sesama

oleh

SANGATTA – Komunitas Berbagi Jamaah Jumat Sangatta (BJJS) merupakan komunitas dari ibu-ibu rumah tangga untuk melakukan aksi-aksi sosial dengan berbagi kepada sesama yang membutuhkan bantuan. BJJS ini di ketuai oleh Mul Husnaini.

Wenny Setianingsih salah satu relawan BJJS menuturkan, awal mula terbentuknya BJJS ini ketika para ibu-ibu ada yang mau berbagi namun sedekah yang diberikan nilainya tidak seberapa, akhirnya tercetus ide untuk mendirikan komunitas ini agar dari sedekah-sedekah yang nilainya kecil digabung sehingga bisa mendapatkan sesuatu yang lumayan untuk di bagi.

“Ada ibu-ibu yang setiap minggunya sedekah 20 ribu, 50 ribu dan mereka berpikir nilai itu kalau digabung bisa mendapatkan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk masyarakat kurang mampu, kami menyebut sedekah patungan, itulah awal mula terbentuk BJJS ini,” ujar Wenny saat ditemui di acara Khitanan Massal Ceria BJJS Batch 2, sabtu (25/6/2022) di Gedung BPU Kecamatan Sangatta Utara.

Dirinya menambahkan, BJJS rutin setiap minggu membuat nasi kotak untuk dibagikan ke anak-anak dhuafa, panti asuhan yatim piatu dan masjid-masjid.

“Selain itu, kalau pagi, kami bagikan ke petugas kebersihan sampah di jalanan,” kata ia.

Para Relawan BJJS

Untuk relawan, sambung Wenny, saat ini berjumlah sekitar 30 orang, sementara donatur dari berbagai kalangan, bahkan ibu-ibu penjual sayur pun ada yang menjadi donatur.

“Donatur kami tidak hanya dalam bentuk uang namun ada juga yang dalam bentuk barang, seperti sayuran tetap kami terima, selanjutnya kami olah untuk dijadikan menu makanan, bahkan ada penjual es lilin yang donasinya es lilin,” beber Wenny.

Terakhir dirinya mengatakan, BJJS menerima donasi dalam bentuk apapun, bisa uang, makanan jadi atau pun barang, pakaian layak pakai pun BJJS menerima.

Wenny menuturkan, untuk pakaian layak pakai dibagikan dalam program grebek kampung. Biasanya BJJS datang ke kampung tertentu, lalu warga dipersilahkan mengambil sesuai kebutuhan. Grebek kampung ini sudah dua kali dilaksankan, yaitu di jalan Soekarno Hatta Sangatta Utara dan Bengalon.

“BJJS membuka kesempatan kepada teman-teman yang ingin menjadi relawan dan donatur. Untuk para donatur yang ingin berbagi, bisa berdonasi melalui rekening resmi kami, di Bank BRI, kode Bank (002) Nomor Rekening 0563.01.013469.53.2 atas nama Berbagi Jamaah Jumat Sangatta,” tutup Wenny. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *