Tanpa Tatap Muka, BPJS Kesehatan Menyediakan Kanal Layanan Digital

oleh

SANGATTA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melakukan inovasi yang menyediakan berbagai layanan tanpa tatap muka dengan memanfaatkan kanal-kanal layanan digital yang tersedia seperti Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, CHIKA (Chat Asisten JKN),   dan PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp).

Melalui berbagai kanal layanan ini, maka masyarakat dapat menikmati pengurusan BPJS kesehatan tanpa harus tatap muka. Bahkan berbagai administrasi mudah diakukan hanya dengan satu genggaman saja melalui Handphone.

Seperti yang disampaikan oleh Herman Prayuda Kepala BPJS Kutai Timur (Kutim) bahwa diharapkan peralihan segmentasi peserta melalui digitalisasi mobile JKN ataupun melalui kanal-kanal yang tersedia, mulai dari chat WA Pandawa, Care Center 165 dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan berbasis online.

VIKA (Voice Interactive JKN)

“Diaplikasi ini mobile JKN sudah ada layanan kartu digitalisasi, sehingga apabila sakit namun lupa membawa kartu BPJS bisa menunjukan Handphone melalui mobile JKN yang sudah ada kartu digiitalnya, oleh karena itu masyarakat tidak mengalami kendala dalam mendapatkan layanan kesehatan” ujar Herman.

Dirinya berharap dengan adanya kanal layanan peserta tanpa tatap muka ini masyakat Kutai Timur bisa mendownload aplikasi mobile JKN  dan memanfaatkannya secara optimal. Apabila ada keluhan atau kendala bisa disampaikan melalui aplikasi mobile JKN ini.

CHIKA (Chat Asisten JKN)

Untuk kanal VIKA, siap memberikan informasi tentang status kepesertaan dan tagihan iuran peserta  JKN-KIS, caranya cukup dengan menghubungi nomor telepon 165 untuk operator selular dan 012-165 untuk pengguna telepon rumah maka dapat terhubung dengan BPJS Kesehatan Care Center 165.

“Setelah terhubung, peserta dapat menekan angka 1 untuk pengecekan status kepesertaan atau angka 2 untuk pengecekan status tagihan iuran,” jelas Herman.

Selanjutnya, untuk layanan CHIKA, sambung Herman dapat memberikan informasi tentang skrining Riwayat Kesehatan,layanan Pandawa, status kepesertaan dan data tagihan iuran peserta, lokasi fasilitas Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan Lokasi kantor BPJS Kesehatan.

“Cukup dengan  chatingn ke nomor 08118750400 melalui WhatApp dan telegram @Chika_BPJSKesehatan_bot atau melalui Facebook Massenger BPJS Kesehatan,” kata ia. (G-S02)

3 thoughts on “Tanpa Tatap Muka, BPJS Kesehatan Menyediakan Kanal Layanan Digital

Komentar ditutup.